Sam Ipoel Expert Inbound Marketing | Jangan Lupa Nginbound! Untuk Bisnis Anda Yang Lebih Suistanable!

Cara Mendesain Lead Magnet Yang Powerful Dari Keberlimpahan Brand Anda

6 min read

Kemarin kita sudah bahas tentang karakter DIGITAL CROWD atau kerumunan digital, dan bagaimana cara mencuri perhatian dari kerumunan tersebut dengan Teknik Inbound Marketing.

Dalam Inbound Marketing kita memang diharuskan punya SESUATU yang UNIQUE dan SPECIAL yang bisa kita gunakan sebagai MAGNET yang akan menarik siapa saja yang memiliki kemiripan PERSONA dengan TARGET MARKET Anda.

Magnet hanya menarik besi.. seperti merkuri yang mampu mengikat emas..
Artinya Anda hanya akan mengikat HANYA MEREKA yang memiliki karakter tertentu yang akan menempel mendekati Anda.

Dan sejatinya memang Anda tidak perlu menarik semua orang. Karena semakin Anda berniat menarik semua orang, sejatinya Anda sedang tidak akan pernah menarik siapa-siapa.

 

Ingat kata Sang Marketing Guru, Seth Godin,

“Everyone is not your customer”

Artinya Anda sendiri harus sepenuhnya memahami siapakah yang benar-benar menjadi target market Anda. Semakin fokus dan segemented target market Anda, maka akan semakin mudah menyiapkan strategi untuk menariknya.

Kenapa Godin menyarankan kita jangan menjadi serakah.. dan cukup menarik mereka-mereka yang seharusnya mereka tarik.
Ada tanggung jawab besar yang harus kita berikan pada mereka yang sudah merelakan dirinya mendekat ke Anda. Konsekuensinya memang kita harus CARE..memperhatikan dengan sepenuh hati siapa aja yang tertarik.

Jadi jika Anda tidak memiliki resource atau tenaga yang cukup untuk memperhatikan semua orang yang sudah menyambangi kolam yang Anda sediakan, sebaiknya tutup kolam Anda.

Ini ibaratnya Anda mengundang banyak sekali orang dalam pesta di rumah Anda, namun Anda sendiri tidak benar-benar menghitung kapasitas tempat, jumlah hidangan, jumlah pelayan dan lain-lain.

 

Jika menurut perkiraan Anda, Anda cuma sanggup memberikan pelayanan terbaik 100 orang saja, ndak perlu nekad mengundang 1000 orang. Karena jika Anda memaksa, maka Anda harus siap menerima cacian dari 900 orang yang tidak sanggup Anda layani.

Hanya umpatan sebagai pelampiasan kekecewaan yang akan Anda terima. Sangat kontras dengan niat baik yang ingin membahagiakan mereka dengan pesta yang kita buat.

Apalagi kita juga sudah terlanjur berjanji macem-macem sama mereka yang datang. Tapi ujungnya kita mengecewakan..sayang banget kan.

Kembali lagi ke strategi MENDESAIN ‘MAGNET’ apa yang kira-kira bisa menarik orang dari kerumunan.

Seriously gaes.. sumpaahhh… banyak banget gaesss..
Halahhh alayy nya keluar..

 

Sekali lagi pastikan Anda sudah menentukan BUYER-PERSONA.

 

Apakah itu PERSONA? PERSONA sebenarnya pernah dijelaskan oleh Bang Haji Rhoma Irama dalam lagunya..

“Ku memujamu melalui lagu nada indah. Untukmu oh wahai PERSONAAA… ”
Ehh itu pesona Bang.. bukan PERSONA
Aduuuh langsung goyang dah jempolnya..

Sudah ingat kan lagunya? Terus apa hubungannya PESONA nya Bang Haji dengan BUYER PERSONA nya target market Anda…

Jujur saja.. TIDAK ADA..
Yah sesekali Anda perlu menggoyang jempol biar gak terlalu serius mikirnya.. 😀

 

BUYER PERSONA adalah karakter rekaan semi-fiksional untuk menggambarkan siapa sebenarnya gambaran target mereka.

PERSONA dilahirkan dari sebuah Market Research yang isinya tentang demografi pelanggan.. pola perilaku pelanggan.. motivasi mereka membeli produk Anda.. dan goals atau tujuan-tujuan yang mereka ingin penuhi dan bahkan problem atau keresahan-keresahan yang ingin mereka solusikan dengan membeli produk Anda.

Semakin detail Anda bisa menggambarkan BUYER-PERSONA maka akan semakin baik. Artinya Anda dapat gambaran secara utuh siapa yang akan membeli dari Anda nanti.

Misal Anda berencana memasarkan HIJAB SAYAARI PREMIUM. Jika business Anda sudah jalan sebelumnya, Anda bisa mendata ulang siapa saja yang pernah membeli hijab premium dari Anda.

Siapa saja yang pernah membeli hijab dari Anda?
Berapa rentang usia mereka?
Di lingkungan mana mereka tinggal?
Kota, pinggiran kota or desa kah?
Apa saja profesi mereka?
Berapa rata-rata penghasilan mereka?
Apakah mereka sudah berkeluarga?
Berapa anak nya?
Dimana anak-anak mereka bersekolah?
Sekolah elit kah?
Kemana mereka menghabiskan waktu senggang mereka?
Apakah mereka suka hangout bareng teman2 mereka?
Apakah mereka suka musik?
Siapa artis idola mereka?
Apakah mereka suka baca?
Buku apa yang terakhir mereka baca?
Apakah mereka punya akun Facebook/IG?
Siapa aja yang mereka follow?
Berapa kali mereka membeli hijab dalam satu tahun?
Merek apa yang biasa mereka beli?
Apa alasan mereka menyukai merek tersebut?
Selain hijab barang mewah apa yang mereka beli?
Dan lain-lain..

Buanyak ya ternyata…
Tentu saja pertanyan-pertanyaannya bisa Anda custom atau sesuaikan dengan produk yang akan Anda jual.

Untungnya dijaman digital seperti jaman NOW kaya gini.. untuk data-data demografi seperti umur, domisili, interest bisa kita extract langsung dari insightnya social media. Jadi tinggal melengkapi data-data tambahan yang sifatnya mendetail personal.

Anda bisa sampling ke beberapa orang yang Anda pilih. Bisa secara formal dengan mengisi kuisioner..bisa juga model ngobrol atau wawancara ataupun ngobrol biasa.
Jangan lupa kasih hadiah kecil buat mereka..misal voucher diskon untuk belanja ditempat Anda.

Kelihatannya sederhana dan remeh ya.. tapi ini PR besarnya marketers..
Banyak marketer yang males bikin PERSONA dan tidak mau kerjakan pe-er nya.. Padahal dengan mendefinisikan PERSONA Anda sejelas dan seakurat mungkin.. Akan lebih ringan dan tepat sasaran strategi marketing yang Anda jalankan.

Dengan berbekal data persona yang memadai kita jadi paham..
Apa yang BERHARGA dan punya VALUE tinggi dimata para target market kita..

Kita juga bisa prediksikan.. MAGNET seperti apa yang kira-kira mampu menarik mereka hingga mau mendekati kita. Salah memprediksikan hadiah untuk dijadikan magnet, akan berdampak pada campaign yang menjadi tidak efektif.

Dari sini sebenarnya kita sudah masuk ke hal yang lebih teknis..

 

Namanya LEAD MAGNET DESAIN..

Sederhananya kelompokkan research dalam 2 kolom atas 2 jawaban atas pertanyaan berikut.

Kolom A atau sebelah kiri masukkan jawaban dari pertanyaan APA YANG BERHARGA menurut target market Anda. Anda bisa urutkan berdasarkan bobot yang bisa Anda tentukan melalui hasil survey yang sudah Anda buat.
Keresahan-keresahan yang menjadi concern atau perhatian lebih banyak orang, Anda letakkan di urutan paling atas daftar tersebut.

Kolom B..
Ini kita isi hal-hal yang kita lihat tentang Anda atau bisnis Anda. SESUATU yang unik pada Anda, yang Anda memilikinya secara keberlimpahan (ABUNDANT RESOURCES). Naikkan bobotnya jika Anda yakin ini adalah keunggulan kompetiti dari Anda.

Kenapa harus BERLIMPAH.. biar Anda bisa membagi ke target market Anda dalam jangka waktu yang amat panjang. Berbagi itu tidak boleh setengah-setengah.. hanya royal di depan tapi langsung berubah pelit dibelakang.

Yang bagus kalau mau kasih ke target market adalah yang berpola meningkat.. atau minimal stabil.
Atau istilahnya ‘jangan sampe Anda kehabisan nafas ditengah jalan’.
Setelah kedua kolom A dan B ini terisi kawinkan keduanya. Hasil irisannya bisa ketemu apa aja karena potensi keberlimpahan dari masing-masing bisnis bisa sangat unik dan berbeda antara satu bisnis dengan lainnya.

Tapi di banyak kasus yang menjadi irisan adalah sebuah HAL BERHARGA yang namanya INFORMASI atau PENGETAHUAN. Ia banyak dibutuhkan orang, sifatnya non fisik jadi effort untuk mengeluarkannya juga tidak terlalu berat.

Semacam tulisan yang teman-teman baca saat ini. Bagi Saya, karena Saya memang hobi baca dan nulis.. maka informasi atau knowledge yang Saya sajikan dalam bentuk tulisan bisa jadi barang berlimpah buat Saya.
Informasi tidak selalu yang sifatnya edukatif. Ada juga yang sifatnya entertaining atau menghibur atau sekedar update aja.

INFORMASI adalah barang dicari-cari oleh CUSTOMERS, karena mereka juga banyak mencarinya di mesin pencari seperti Google atau YouTube. Yahh.. YouTube sekarang udah menjadi alternatif mesin pencari selain Google.

Dan INFORMASI umumnya dimiliki secara berkelimpahan oleh PENJUAL YANG BAIK (GOOD SELLER).
Loh koq ada Penjual yang baik.. emang ada penjual yang tidak baik.
Ini perbedaannya.

 

PENJUAL YANG BAIK salah satu cirinya memiliki pengetahuan yang sangat luar biasa tentang barang yang dijualnya. Pengetahuannya akan barang-barang yang dijualnya jauh diatas rata-rata orang awam. Bahkan barang sejenis yang ia tidak punya pun ia sangat paham apa plus minusnya. Intinya ia memberikan pencerahan atas kebingungan-kebingungan pembeli yang melakukan komparasi sebelum melakukan pembelian.

 

PENJUAL YANG KURANG BAIK adalah penjual yang sama sekali tidak paham dengan barang yang dijualnya. Bahkan ia semacam pelapak yang cuma tahu itu ada barang dijual aja. Tapi tentang apa kelebihan dan kekurangan barang itu ia sendiri tidak tahu. Bahkan ia pun kalah pengetahuan dengan customers. Berabe kan kalo ada penjual model ky gini.
Cirinya kalo ditanya pelanggan jawabannya kira-kira ky gini..
“Ehmm. mungkin gitu ya…”
“Bisa jadi…”
“Au Ah Mbak… ”

 

Di ujung tulisan ini Saya kasih contoh apa yang dilakukan oleh GOOD SELLER dan bisa dibilang sangat baik malah. Karena Saya menilai kedalaman riset tentang PERSONA pelanggannya luar biasa.

 

Mbak Lenny Louwaars dan Muslimah Corner nya (muslimahcorner.id) dari awal memposisikan Brand nya sebagai House of Premium Sayaari Hijab atau Rumahnya Brand-Brand Hijab Premium.
Semacam portalnya hijab yang khusus menjual koleksi Hijab dengan kualitas terbaik.
Berawal dari seorang shopaholic yang sering merasa tertipu. Sering membeli hijab dengan harga mahal namun setelah barang diterima ternyata kualitasnya bener-bener mengecewakan.

Dari sini si pemilik punya inisiatif untuk mengumpulkan Brand-Brand hijab yang menurut ‘riset’ nya dia bener-bener memiliki kualitas sesuai dengan ekspektasinya dan dibuatkan sebuah RUMAH dari Brand-brand tersebut.

 

Kalo Saya amati.. MuslimahCorner ini modelnya mirip LYST.COM yang menjadi rumah nya barang-barang Branded, namun ia versi Hijab.

Disini si pemilik benar-benar serius memelototi hijab-hijab mana yang benar-benar berkualitas baik bahan maupun desainnya. Yang lolos fit and proper tes nya dia, baru dimasukkan ke Brand listnya Muslimah Corner.

Dan salah satu Brand Hijab premium yang lolos laboratoriumnya Mbak Lenny dan jadi Brand andalan jualannya Muslimah corner adalah Brand Nazlia Hijab nya Mbak Siti Darmalisa. Menariknya dua-duanya adalah sering berbagi tulisan di grup Klub Inovator dan Bisnis ini.

 

Saya banyak belajar dari Mak-Mak super ini.. meskipun Mak-Mak omset bulanannya gak kalah lah sama Dirutnya Telkomsel.

Salah satu insight menarik yang ditemukan Mbak Lenny dari customernya adalah sebuah insight bahwa..
Rata-rata pemilik Hijab Sayaari punya masalah dengan hijab-hijab nya..

Mereka punya banyak sekali koleksi hijab sayaari dengan karakter glamor dan elegan yang hanya cocok untuk event-event formal..macam kondangan, nikahan, wedding dan lain-lain. Ehh.. sama ya..
Iya saking terbatasnya event dimana hijab model itu bisa dipaker.

 

Disatu sisi, untuk kebutuhan sehari-hari..event-event non formal seperti seilaturahmi ke temen, kongkow or hangout sesama Mak Solihah.. stok nya sangat kurang. Padahal frekuensi event-event ini jauh lebih tinggi dari kondangan. Bisa terjadi minimal seminggu sekali, namun kondangan tidak terjadi seminggu sekali, kecuali di bulan-bulan tertentu saja. Ada kemubaziran disini.

Akirnya ia ambil temuan ini dan menyajikan sebagai informasi yang berharga..
Dia kemas tulisan-tulisan tematik yang intinya bagaimana koleksi hijab sayaari mak-mak yang doyan belanja tadi tidak menumpuk percuma.

Muncullah tulisan-tulisan tematik..
“Bagaimana TIPS MIX and MATCH meyulap Hijab Sayaari yang Formal dan Elegan menjadi Casual Hijab yang lebih santai namun trendy”.
Kelihatannya ini adalah sederhana.. Namun informasi ini sangat berharga dan berguna buat para Hijabers biar tidak koleksi dan bolak-balik beli Hijab baru untuk event-event yang lebih casual.

 

INFORMASI semacam ini.. jika disajikan secara konsisten akan menjadi sangat bermanfaat buat BRAND MARKETING dari Muslimah Corner itu sendiri. Imbasnya banyak customers yang konsultasi langsung ke ownernya tentang mix and match hijab-hijab yang dimilikinya.

Dan momen-momen interaksi semacam ini yang sebenarnya ingin diciptakan oleh banyak BRAND. Karena ia punya banyak sekali peluang untuk terus dekat dengan pelanggannya.
Berawal dari insight sederhana.. akhirnya malah mampu menciptakan momen interaksi BRAND dengan customernya.

Saya yakin Anda dan Brand Anda akan punya banyak sekali temuan-temuan menarik yang bisa di eksplore sebagai bahan LEAD MAGNET. Sesuatu yang berlimpah di Anda, dan sangat dinantikan oleh target market Anda.

Rajin-rajinlah ngoprek dan bereksperimen untuk menggali lebih banyak insight. Karena sekali Anda menemukannya, strategi marketing Anda akan jauh lebih powerful dan selangkah lebih maju dari pesaing.

Jika sudah menemukan apa yang ingin dibagi segera pikirkan media untuk membaginya.
Jika INFORMASI yang kita pilih ada banyak cara untuk membaginya. Bisa lewat tulisan, lewat gambar atau meme, infografis, slide bahkan video YouTube.

Next Saya akan ulas tentang Social Media Writing.

Above all.. Untuk mempercepat proses Anda dalam menemukan ABUNDANT REDOURCES dari Anda atau Brand Anda..pastikan Anda memiliki dulu yang namanya ABUNDANCE MENTALITY atau mentalitas berkelimpahan.

Dan hanya mereka yang memiliki mentalitas seperti inilah yang memiliki otot berbagi yang tinggi. Sangat mudah bagi mereka menemukan apa yang bisa dihadiahkan untuk customer nya.

Semoga bermanfaat ya

Salam,
Saiful Islam

Sam Ipoel Expert Inbound Marketing | Jangan Lupa Nginbound! Untuk Bisnis Anda Yang Lebih Suistanable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security