Sam Ipoel Expert Inbound Marketing | Jangan Lupa Nginbound! Untuk Bisnis Anda Yang Lebih Suistanable!

Menguak “Pagar Mangkok” … Pagar Terkuat Di Dunia

3 min read

Menguak "Pagar Mangkok" ... Pagar Terkuat Di Dunia

Filosofi jawa itu memang luar biasa. Penuh dengan kearifan dengan makna yang dalam. Bagaimana mungkin petuah-petuah kuno yang muncul jauh sebelum ditemukan buku dan percetakan, namun punya nilai kajian ilmiah yang sangat tinggi.

Ada salah satu nasehat yang cukup populer dikalangan leluhur jawa..
"Pager Mangkok Luwih Kuat Tinimbang Pager Tembok".. atau terjemahan bahasa Jerman-nya "Pager Mangkok Lebih Kuat Dibanding Dengan Pager Tembok"

Aaah becanda ini.. mana mungkin mangkok yang disusun buat pager lebih kokoh daripada tembok dari batu bata dan cor.
Kalo Anda tijau dari sudut pandang Teknik Sipil dan bangunan. Jelas ini petuah ngaco banget. Dari teori model manapun gak mungkin lah mangkok bisa ngalahin tembok.

Tapi kalo Anda faham dengan behavioral science atau teori-teori yang mengulas bagaimana mahluk hidup berperilaku dan berinteraksi Anda akan sampai pada kesimpulan.. "This is incredibly AWESOME".. bagaimana orang-orang kuno bisa memberikan nasehat sebegitu hebatnya.

Dalam tinjuan ilmiah, sifat murah hati atau 'GENEROSITY' akan menimbulkan efek yang luar biasa pada lingkungan terdampak.
'Pager Mangkok' artinya kita memagari sekeliling kita dengan mangkok. Bukan mangkok kosong ditumpuk-tumpuk mengelilingi rumah he he, tapi ini adalah sebuah anjuran untuk membagikan makanan ke tetangga-tetangga sekitar kita.

Filsafah jawa selalu menganjurkan kepada kita untuk bermurah hati dan baik-baik sama tetangga. Karena tetangga kita adalah ring 1 kita, mereka dikirim Allah untuk menjadi pelindung bagi kita. Saling rukun dan mengayomi antar tetangga adalah kekuatan pertahanan sebenarnya.

Saya yakin ini juga salah satu cara membudayakan nasehatnya Rasulullah tentang pentingya saling memberi dengan tetangga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Wahai Abu Dzarr, jika engkau memasak masakan berkuah, maka perbanyaklah kuahnya dan perhatikanlah tetanggamu.” (HR Muslim)

Ehh tapi ini bukan berarti kita kalo masak kuah doang ya he he. Ini hanyalah ungkapan tentang sebuah sunnah yang dalam tinjuan ilmiah punya dampak yang sangat bagus untuk membangkitkan energi positif dari sebuah lingkungan.

Baik-baikan sama tetangga, saling mengisi dan menguatkan. Dan saling berbagai makanan adalah shortcut nya asal dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas. Bukan ngarepin balesan, memang semata-mata untuk berbuat baik ikhlas karenaNya.

Budaya ini Insya Allah masih lestari dan dipertahankan di kampung-kampung, di desa-desa. Tapi ironisnya ini adalah budaya yang terbilang langka di perkotaan. Kadang satu kompleks pun kita tidak saling kenal. Beruntunglah jika kita tinggal di lingkungan yang perumahan yang satu sama lainnya masih guyub dan saling kenal.

Jika belum seperti itu lingkungan, mulailah jadi pioneer dan penggeraknya. Carilah cara apapun agar semua warga bisa silaturahmi dan saling kenal. Karena dampaknya luar biasa.

BRAND Generosity yang menjadi esensi atau inti dari Brand Hack adalah mengedepankan bagaimana sebuah BRAND bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi audiens nya. Bukan hanya manfaat dari sisi produk atau jasanya itu sendiri, namun juga manfaat berlmpah lain yang bisa dirasakan audiens. Bukan hanya pelangannya saja tapi juga seluruh audiens dalam jangkaunnya.

Seth Godin, pakar marketing pernah membuat sebuah formula unik yang berkaitan dengan Brand Generosity.
MAGIC + GENEROSITY = BRAND CRUSH
"Crush" atau jatuh cinta mati pada sebuah Brand adalah hal yang langka di era digital ini. Karena orang cenderung hanya berorientasi pada fungsi saja. Kalau ini yang terjadi, maka BRAND Anda mudah sekali ditinggalkan jika ada barang lain yang lebih baik.

MAGIC artinya dari sisi manfaat, value yang diberikan oleh BRAND Anda bukan hanya sekedar meet the expectation, melainkan BEYOND Expectation. Sudah melampaui apa yang diharapkan oleh customers.

Namun masih ada element penting lain yang menyertai MAGIC Anda, yakini GENEROSITY atau kemurah hati-an BRAND Anda. Anda memang tidak ada kewajiban untuk membuat elemen ini. Tapi jika Anda berhasil menyertakan elemen GENEROSITY ini maka hasilnya akan bikin customers makin jatuh cinta sama BRAND Anda.

Sebuah perusahaan jasa kurir, mampu mengirimkan barang dengan cepat, tepat dan selamat itu sudah wow banget bagi customers. Tapi jika diwaktu senggangnya BRAND ini juga membuat sebuah pelatihan online marketing buat UKM-UKM ini adalah point GENEROSITY yang WOW banget.

Orang-orang yang merasakan manfaat training ini jelas gampang sekali dikonversi jadi pelanggan dan memanfaatkan BRAND ekspedisi nya dia. Dalam ilmu psikologi prinsip 'RECIPROCITY' atau sifat manusia untuk membalasa kebaikan dengan kebaikan berdampak sangat positif bagi BRAND yang mau bermurah hati.

Sebuah BRAND maskapai penerbangan, bisa menepati jadwal penerbangan on time, pelayanan crew yang excellent, makanan dan minuman yang enak, penanganan bagasi yang baik.. ini sudah MAGIC banget buat customers. Namun jika ia mau bermurah hati memberikan info-info dan review tempat dan tujuan wisata, hotel-hotel yang nyaman dan ramah budget, akan menjadi CRUSH tigger buat BRAND maskapai tersebut.

Intinya memang GENEROSITY memiliki dampak yang luar biasa bagi sebuah BRAND. Jika customers sudah jatuh CINTA dan menaruh TRUSTnya pada sebuah BRAND, maka apapun yang disampaikan oleh si BRAND akan diiyain aja oleh customers.

So Being GENEROUS itu sama sekali gak ada ruginya. Tinggal cari ABUNDANT RESOURCES atau hal-hal yang berlimpah dari Anda yang bisa Anda bagikan ke cutomers Anda, dan biarkan customers Anda jatuh cinta pada ANDA.

Sam Ipoel Expert Inbound Marketing | Jangan Lupa Nginbound! Untuk Bisnis Anda Yang Lebih Suistanable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security