Sam Ipoel Expert Inbound Marketing | Jangan Lupa Nginbound! Untuk Bisnis Anda Yang Lebih Suistanable!

Percayalah Tak Seorangpun Akan Membayar Kita Sesuai Dengan Nilai Kita Sebenarnya, Kata Pakar Pricing Dunia

2 min read

Percayalah Tak Seorangpun Akan Membayar Kita Sesuai Dengan Nilai Kita Sebenarnya, Kata Pakar Pricing Dunia

Casey Brown, seorang Pricing Consultant yang sudah banyak menangani perusahaan-perusahan dan profesional kelas dunia, pernah memaparkan risetnya di TED TALK yang membuka mata banyak orang.

Bahwa tak seorangpun didunia yang mau membayar kita berdasarkan harga sebenarnya dari kualitas kita. Namun mereka akan membayar kita hanya sesuai asumsi mereka, berapa pantasnya nilai kita.

Jika kita tidak mampu mengkomunikasikan berapa kapasitas kita sebenarnya, maka orang akan bebas menentukan berapa harga kita.

Dan kenyataannya memang tidak banyak orang yang mampu mengkomunikasikan dengan baik kualitas nya sehingga ia hanya dibayar dibawah standar berapa seharusnya mereka layak dibayar.

Ada banyak cara mengkomunikasikan VALUE kita kepada klien atau target market kita. Jika Anda seorang penulis maka Anda bisa menunjukkan dengan karya-karya tulisan Anda. Anda bisa menunjukkan berapa eksempler karya anda yang terjual.

Jika Anda seorang business coach Anda bisa menyajikan track record berapa puluh atau ratus bisnis yang sudah Anda scale up. Jika Anda seorang influencer, Anda bisa menunjukkan berapa follower yang setia mendengarkan celotehan Anda.

Mengkomunikasikan sebuah nilai harus diawali sebuah evaluasi secara menyeluruh tentang value dari aktivitas kita dan impact dari karya tersebut. Sebisa mungkin semuanya harus terukur dengan angka.

Jangan pernah sungkan dan bermurah hatilah menunjukkan karya-karya kita. Karena secara tidak langsung kita membuka etalase value kita ke market, sekaligus membentuk pikiran customers berapa kira-kira kita pantas dihargai atas value yang kita berikan pada mereka.

Sebenarnya selain kemampuan menaksir value diri kita sendiri, kita juga harus mengasah skill menaksir value dari orang lain juga. Rajin-rajinlah melakukan bench mark.

Coba kita list apa value yang mereka tawarkan, dan berapa mereka memasang harga. Jika kita paham kondisi sekitar, nantinya juga akan punya strategi, berapa pricing yang akan kita tetapkan jika menawarkan value lebih atau berbeda dari yang mereka tawarkan market serupa.

KEGUNAAN LAIN BELAJAR PRICING

Belajar pricing juga diperlukan untuk mengenali apakah sesuatu itu sudah kemahalan 'OVERPRICED' atau masih kemurahan 'UNDERPRICED'. Pengetahuan kita akan pasar akan memberikan keuntungan buat kita jika dibutuhkan kedepannya.

Analoginya seperti ini, jika kita paham harga pasaran tanah di pinggiran Kota Malang per meternya sudah diangka 4-5 juta permeter, maka jika ada yang menawari barang dengan harga 2-3 jutaan kita tidak perlu pikir panjang untuk menyambarnya. Koq jadi kaya makelar properti gini hi hi..

Beda dengan properti, maka nilai dari skill kita masih butuh effort untuk mengkomunikasikannya. Kalo tanah banyak yang nanyain harganya. Tapi kalo skill kita, hanya yang berkepentinganlah yang akan nanya-nanya.

Saya pernah buat list data programmer yang masih Saya update sampai sekarang. Isinya daftar portofolio karya mereka berikut harga yang ditawarkan.

Insight dari mereka yang jarang terekspose karyanya biasanya tidak berani bandrol mahal. Padahal secara skill coding dan kualitas karyanya juga gak kalah dengan mereka yang berbandrol premium. Selisih harganya bisa sepertiganya. Sepertiga untuk harga aplikasi itu lumayan loh.. bisa puluhan sampai ratusan juta rupiah.

Memiliki value yang WOW tidaklah cukup untuk membuat kita secara otomatis dihargai secara WOW juga. Kita masih dituntut memiliki kemampuan mengkomunikasikan value dari skill kita ke market.

Jika gagal mengIN-FLUENCE market tentang ke WOWan dia maka bisa di UNDERPRICED sama market.
Jika dia berhasil meyakinkan market tentang WOW nya dia, maka baru bisa dikatakan dia WIN.

To WIN the heart of the market, it's not enough to be simply just WOW, but we must IN-FLUNCE the market of our WOWness.
Because WIN = Wow + IN-fluence

Choose to be the WINner 😀 🙂

Sam Ipoel Expert Inbound Marketing | Jangan Lupa Nginbound! Untuk Bisnis Anda Yang Lebih Suistanable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security