Sam Ipoel Expert Inbound Marketing | Jangan Lupa Nginbound! Untuk Bisnis Anda Yang Lebih Suistanable!

The Positive Impact of Negative Persona

3 min read

The Positive Impact of Negative Persona

Ini maksudnya tulisan apaan sih judulnya aja udah absurd banget.. 
Dampak Positif dari Persona Negatif.. 
Pasti yang nulis lagi jetlag or mabok duren pas bikin tulisan ini.. 
Mana ada sesuatu yang negatif memberikan dampak yang positif..

Lhaaah.. ngatain yang nulis jetlag lagi..
Ini Saya tulis dengan kesadaran 110% looh..

Kalo memang bener..terus itu maksudnya apa Bang?

Persona ya persona..belum pernah ada negatif-negatifnya.. 
Saya paham persona itu apa.. karakter semi-fiksional yang menjadi gambaran profile target market sebuah Brand.. 
Namanya Persona berarti kan orang yang kita buru sebagai target market kita..
Melakukan profiling target market atau orang-orang yang menjadi sasaran brand atau produk kita aja itu sudah ribet memaleskan banget.. dan melelahkan hayati Bang..

Ngapain juga capek-capek kita nyari kerjaan extra pake bikin NEGATIVE PERSONA alias PROFILING ORANG yang jelas-jelas bukan target market kita..
Iseng banget situ jadi orang Bang..
Ini cucian kita tiap hari berlimpah.. bantu cuciin Insya Allah lebih berfaedah dan berpahala..

Gini ya..
Mempertajam PERSONA dan negasinya.. NEGATIVE PERSONA (NP) sangat berguna bagi kita untuk lebih memperjelas dan mempertegas siapa-siapa yang menjadi target market kita.
Negative persona membantu kita dalam menyaring LEADS yang benar-benar menjadi QUALIFIED LEADS..
Atau istilahnya orang sales.. yang market yang HOT banget..

Emang kenapa sih kalo kita cukup pake PERSONA aja..tanpa harus mendefinisikan NP nya..
Pernah disatu momen pas pulang dari acara KSN Bogor, sambil nyetir Coach Indrawan Nugroho cerita sama Saya tentang filtering LEADS target marketnya Brand Nina Nugroho yang sedang melesat itu.

Ada satu celetukan Coach Indrawan yang menarik dan masih nyangkut sampe sekarang..
"Ada fenomena yang lucu Mas.. Seringkali kita bisa memprediksi customers ini jadi beli atau ndak hanya dengan cukup melihat dan menganalisa profile picture FB nya.." kata Coach Indrawan..
"Lhah.. emang bisa Coach.." tanya Saya penasaran..
"Kalo profile picture FB dari leads nya itu bergaya di depan mobil mewah.. malah susah sekali di konversinya. Bahkan mendekati nol..alamat gak beli..
Tapi sebaliknya jika profile picnya sederhana.. elegan.. itu malah probabilitas konversinya sangat tinggi..
Wajar sih.. karena kalo orang punya duit beneran gak mungkin kan foto-foto didepan mobilnya sendiri.." penjelasan Coach Indrawan
"He he he.. masuk akal juga sih Coach.." bales Saya..

Sebenarnya sekelumit cerita diatas memberkan gambaran bagaimana sebuah NEGATIVE PERSONA membantu marketers untuk memfilter..dengan sebuah insights dari profile picture analysis.. siapa-siapa yang peluangnya mendekati nol untuk menjadi customers kita.

Pancingan LEAD MAGNET pada tahap awal yang mampu mendatangkan LEADS atau prospek dengan konten-konten seperti tulisan, gambar, video bahkan SEO sebenarnya masih sangat mentah..
Artinya data base leads yang masih kita pegang masih perlu kita saring lagi agar menjadi QUALIFIED LEADS. Negative personas berguna untuk merampingkan LEADS tadi biar gak terlalu gemuk.

Nahh..emang kenapa jika LEADS kita gemuk?
Menggiring LEADS menjadi qualified LEADS itu juga sangat menyita waktu dan resources.
Bayangkan saja jika Anda mengantongi 1.000 database prospek yang masih mentah banget.
Dari pengalaman Anda, 1.000 prospek itu jika follow up satu persatu akan menghasilkan 100 aja yang berhasil dikonversikan menjadi customers.
Memfollow up 1.000 prospek itu sangat melelahkan hayati.. dan bisa bikin frustasi team sales Anda..

Jika Anda mampu mendefinisikan Negative Persona, maka Anda bisa memangkas dan menyortir mana-mana yang perlu di follow up.
Katakanalah LEADS awal dikurangi mereka yang masuk kriteria Negative Persona hanya menyisakan 300 orang saja.. dan ini bisa dikategorikan sebagai Qualified Leads.
Artinya jika memang pada ujungnya Anda memang mampu mengkonversikan 100 customers dari 300 orang tadi.. Anda sudah menang banyak.

Lhah.. koq bisa.. kan sama-sama menghasilkan 100 orang customers aja.
Bedaaa lahh..
Kalo di awal Anda mesti memfollow up 1000 orang.. sedangkan dengan bantuan saringan NP..maka Anda cukup memfollow up 300 orang saja.

Berapa banyak resource team Anda yang mampu Anda hemat dari penyusutan database prospek tadi.. berapa lapiss??? ratusaaaannn.. he he.. kaya iklan wafer..

Singkatnya Anda bisa menghemat besar-besaran di Customer Acqusition Cost.. atau biaya yang mestinya Anda keluarkan untuk mendapatkan Customers.

GIMANA CARA BIKIN NEGATIVE PERSONA?

Pertama tuntaskan pe-er database PERSONA Anda. Karena tidak mungkin Anda bisa menyusun Negative Persona tanpa tahu lebih dulu Persona Anda.
Terlepas Anda melakukan secara manual atau dengan bantuan tools Anda harus selesaikan dan tuntaskan.

Singkatnya Anda harus tahu benar kriteria demografis dan psikografis target market Anda. Cara mendetailkannya tentu saja dengan riset market, baik dari data primer Anda sendiri maupun data sekunder pendukungnya.

Kedua, kumpulin dan review ulang data-data marketing Anda.
Baik mereka yang sering gagal kita konversi maupun mereka yang setelah jadi customers tidak bisa maksimal menerima value dari produk dan layanan Anda.
Mereka yang paling banyak komplain, banyak tidak terpuaskan dan bahkan churn atau berhenti menjadi customers Anda. Besar kemungkinan memang tidak ada kecocokan VALUE yang Anda tawarkan dengan ekspektasi tipikal customers seperti ini.

Kedepannya Anda bisa memfokuskan pada customers yang bisa menghargai secara maksimal value-value yang Anda berikan. Balik lagi.. Everyone is not your customers.. so pilihlah mereka yang benar-benar tepat dan sesuai dengan karakter Brand Anda.

Jika Anda mampu melakukan dua hal ini Saja.. Anda sudah bisa membuat terobosan baru dalam mengefektifkan sekaligus mengefisienkan proses marketing Anda. Dalam kasus ini Anda mampu menghemat Customer Acquisition Cost (CAC).

Negative Persona, bukan hanya menunjukkan seberapa paham Anda dengan target market Anda.. tetapi juga menuntun Anda mendapatkan customers yang benar-benar tepat, yang mampu menghargai VALUE yang diberikan Brand Anda secara maksimal.

Sekali tepuk dua laler dapet.. 
Itulah dampak positif yang Anda dapat ketika mampu mendefinisikan Persona + Negative Persona dengan tepat dan akurat.

Semoga bermanfaat ya..

Sam Ipoel Expert Inbound Marketing | Jangan Lupa Nginbound! Untuk Bisnis Anda Yang Lebih Suistanable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security